Berbagai macam makanan Daerah

 Rendang Padang


Hasil gambar untuk rendang
Rendang atau dalam bahasa Minangnya lebih dikenal dengan Randang makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat. Rendang ini merupakan salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan dasarnya. Rendang ini biasanya mempunyai kandungan bumbu repah-rempah yang sangat banyak,sehingga rasanya pun sangat khas daerah.

Mie Aceh

Hasil gambar untuk mie aceh
Mie Aceh sangat jelas berasal dari daerah Aceh. Mie ini salah satu makanan khas daerah Aceh yang juga merupakan makanan khas Indonesia. Bahan dasar makanan ini adalah berasal dari mie kuning tebal dengan diirisi daging sapi, daging kambing ataupun makanan laut seperti udang dan cumi-cumi yang disajikan dalam bentuk sup dengan kuah sejenis kari yang gurih serta pedas. Makanan ini telah banyak di jual di Jakarta dan daerah lainnya.Karena rasanya yang enak maka makanan ini banyak di jual.

 Empek-empek Palembang

empek-empek
Empek-empek atau sering dinamakan dengan sebutan pempek merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Makanan khas ini umumnya terbuat dari ikan dan sagu. Namun makanan ini tidak hanya terdapat di daerah Palembang saja akan tetapi sudah banyak masyarakat Sumatera Selatan yang memproduksinya.Banyak orang yang menyukai makanan dari Palembang ini karena rasanya yang enak,gurih dan sedap.

 Mie Bangka

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Mie Bangka merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Bangka. Mie Bangka ini menggambarkan ciri khas masyarakat pulau Bangka. Mie ini terbuat dari bahan dasar mie basah yang berwarna kuning yang biasanya disiram dengan kuah yang berbumbu. Kuah ini terbuat dari campuran ikan, udang, cumi-cumi atau kepiting. Adakalanya makanan ini ditambah dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun serta kerupuk. Masakan ini biasanya dihidangkan dalam keadaan panas yang sangat lezat dengan sensasi pedas dari cabenya.Makanan ini juga hampir sama seperti mie ayam yang biasa kita temukan.Dengan tambahan bakso dan kerupuk pangsit makanan ini jadi lebih nikmat.

Kerak Telor Jakarta

keraktelor
Makanan khas dari Jakarta yang satu ini sebenarnya merupakan perpaduan dari kuliner Portugis. Kerak telor mudah ditemui di Jakarta terutama pada saat diadakannya  Pekan Raya Jakarta bahkan kerak telor acap kali dijadikan simbol kuliner klasik budaya Betawi.Karena rasanya yang enak makanan ini juga banyak di cari oleh orang Jakarta.



Seblak Bandung

Gambar terkait
Jajanan yang satu ini memang lagi hits di kalangan anak muda. Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan campuran bumbu bawang dan cabai sehingga menghasilkan hidangan berkuah yang unik. Kerupuknya memberikan tekstur kenyal yang pas dicampur dengan kuah pedas.
Seblak terkadang dicampur dengan ceker, ayam, telur dan tambahan topping sosis serta keju. Seblak memang merupakan makanan yang sempurna untuk disantap saat menghadapi cuaca Bandung yang sejuk.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep makanan berbahan dasar singkong yang enak hits dan kekinian

Resep Nenek Moyang Jawa

Resep Makanan Dengan 3 Bahan.